Adsense Banner

Codepen.io kumpulan code untuk desain blog

Di artikel kali ini saya akan membahas rahasia tempat saya mengenal CSS yang lebih dalam dan tentunya lebih keren. Yaitu Codepen.io.

Apa itu codepen.io?

Mungkin sebagian dari kalian berpikir bahwa codepen.io adalah salah satu game browser berdomain .io yang sedang marak saat ini tetapi sebenarnya ini adalah sebuah website dimana banyak penggunanya di seluruh dunia membuat sebuah kreasi HTML dikanvas yang telah disediakan oleh Codepen itu sendiri.

Kanvas tempat user codepen mengetik disebut sebuah pen, didalam pen ini kalian dapat mengetik lalu html, css dan java script lalu melihatnya secara langsung di web.
Sama halnya dengan template tetapi codepen lebih kepada prototipe atau demo html. Yaitu untuk mencoba sebuah html apakah html itu sudah bagus atau masih perlu diperbaiki.

Selain membuat prototipe sebuah html, di codepen.io kamu juga bisa membuat sebuah post tentang koding. Bahkan codepen.io juga memiliki fasilitas dimana orang dapat menjual dirinya sendiri! Maksud saya menjual dirinya sendiri ini adalah, menyewakan dirinya untuk membuat sebuah kode html. Cara menjadinya pun gampang, kalian harus memiliki keahlian koding yang tinggi, setelah itu register di codepen.io dan anda akan ditanya seperti "Apakah anda ingin disewakan?". Kalian harus menjadi terkenal terlebih dahulu agar dapat dilihat oleh industri atau perusahaan yang sedang membutuhkan tenaga koding. Setidaknya seperti itu :v

Hasil gambar untuk Codepen
Codepen.io
Codepen.io banyak digunakan orang untuk membuat desain. Apakah itu sebuah gerakan yang dibuat oleh CSS, dari SVG-lines, Ataupun tombol yang dapat meledak jika ditekan. Semua itu dibuat oleh orang-orang profesional yang ada di codepen.io. Menakjubkan sekali ya mereka.
Di codepen.io saya barangkali mengambil beberapa kode untuk saya terapkan di blog ini, tetapi ingat! Jangan mencuri! sebagian users di codepen.io memiliki hak cipta, jadi jika kalian ingin mengambil kode, hendaknya meminta ijin kepada pemilik / pembuat pen tersebut.

Codepen.io sendiri sudah banyak digunakan oleh blogger dan koder di indonesia, contohnya blog Arlinadzgn.com menggunakan fitur codepen sebagai presentasi / contoh dari kode yang ia bagikan.

8 comments:

  1. bg mau tnyak cara pasang script nya gmn ?
    ane kan mau ambil script yg ada di codepion ,mau psang di cpanel ane
    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo script itu harus dibungkus dengan <script> dan </script>. Soalnya JavaScript yang biasa ada di Codepen itu gak ada tag <script></script>.

      Delete
  2. ini udah otomatis atau kita bikin sendiri gan??

    ReplyDelete
  3. kalo belajar koding dimana gan sumber yg bagus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo belajar bisa coba codecademy gan, kalo cuma buat referensi / bacaan bisa buka w3school

      Delete
  4. Sip.. dapet referensi lagi nih, buat nambah ilmu kodingnya

    ReplyDelete
  5. Min open kursus ginian? Biar ane belajar sama adminnya langsung :D

    ReplyDelete

Powered by Blogger.