Adsense Banner

6 Hari bersama SMK PGRI 3 Malang

Setelah melewati masa masa Sekolah menengah pertama di Malinau, kalimantan utara, saatnya menginjak ke jenjang kejuruan.
Memilih sekolah bukanlah hal yang bisa disepelekan karena sekolah itulah yang akan menjadi tempat untuk membentuk pribadi kamu di masa depan.
 Jadi, gue memilih SMK PGRI 3 Malang sebagai tempat untuk membentuk pribadi dan belajar setelah gue lulus dari jenjang SMP.


Disaat ingin menjadi siswa SMK PGRI 3 Malang atau nama kerennya "Skariga" ada yang namanya KCS yaitu Kegiatan Cinta Sekolah sebagai pengganti Masa Orientasi Siswa di Skariga.
KCS ini berlangsung selama 6 hari, dari tanggal 10-15 Juli dengan tujuan sesuai motto SMK PGRI 3 Malang, succes by disiplin.
Cara Skariga menanamkan rasa disiplin pada calon siswa pun menurut gue sangat unik karena bukan dengan cara menekan siswa patuh pada peraturan sekolah tetapi dengan cara menanamkan rasa Tanggung jawab atau Rasa cinta kepada sekolah. Walaupun begitu aturan tetaplah aturan, harus dipatuhi agar hidup kita berguna untuk diri sendiri maupun orang lain.
Aturan yang ditetapkan dalam Skariga-pun sangatlah tegas, misalnya saja jika membolos atau tidak hadir tanpa keterangan akan mendapatkan surat peringatan dan orang tua juga dipanggil untuk datang kesekolah. Jika mendapat 3 kali surat peringatan, siswa tersebut akan di DO (Drop Out).
Tentunya peraturan ini bertujuan untuk membentuk pribadi yang disiplin agar dapat meraih kesuksesan.


Hari ke-1

Hari pertama diisi dengan acara pembukaan dari Walikota Malang. Gue sendiri cukup kaget  SMK PGRI 3 Malang mengundang Orang nomor 1 se-malang langsung untuk menghadiri acara pembukaan KCS.
Selain itu, Gedung sarwakirti sebagai tempat berlangsungnya KCS hari pertama di isi dengan Drama tentang "Sukses dengan 9 Kecerdasan" dari kelas XI dan XII atau biar lebih kerennya dari kakak kelas.
Tidak hanya itu, Skariga juga mengundang Polres Malang untuk membina siswa KCS dalam berkendara sekaligus mengadakan Quiz yang berhadiah helm.


Hari ke-2

Masih di Gedung sarwakirti, tepatnya di Universitas kanjuruhan diisi dengan penjelasan aturan aturan yang berlaku di SMK PGRI 3 Malang.
Kemudian ada Penyuluhan dari Badan Narkotika Nasional dengan mengusung Tema "Dunia Indah Tanpa Narkoba."
Yang diakhiri dengan sosialisasi dengan Program masing-masing departemen yaitu Departemen mesin, otomotif, TIK dan elektro.

Hari ke-3

Berbeda dengan hari kemaren, tempat pelaksanaan KCS pada hari ke-3 diwarnai dengan birunya langit yang indah dan panasnya lapangan hitam.
Di Dodikjur Rindam V Brawijaya, siswa KCS dilatih langsung oleh Tentara Nasional Indonesia.
Tidak hanya dilatih PBB, kami juga di beri materi tentang Bela Negara & Nasionalisme dari Komandan Dodikjur.

Hari ke-4

Masih dengan para tentara di Dodikjur, setelah selesai latihan PBB, terdapat lomba PBB. Siswa KCS dibagi menjadi 2 kompi kemudian berlatih Formasi dan Yell-Yell masing masing kompi.
Formasi yang harus dibentuk adalah tulisan Skariga, kompi yang paling rapi dan yang paling kompak akan dipilih sebagai pemenang lomba.
Tidak hanya dapat lelah dari berlatih, tetapi juga dapat senangnya dari serunya berlomba... Walaupun kalah...

Hari ke-5 & 6

Puncak kemeriahan kegiatan KCS terdapat pada hari terakhir ini.

Menembus kemacetan kota Malang & Batu menuju Stadion Brantas Batu bukanlah hal yang mudah.
Pada saat kegiatan akan dimulai, SMK PGRI 3 Malang mengundang kepala Perpustakaan kota Batu untuk penyerahan berjumlah 300 buku pendidikan yang akan disumbangkan ke Perpustakaan kota Batu.
Sebelum memulai camping atau berkemah di lapangan Gelora Arjuno, kami melakukan pengembaraan dari Stadion Brantas Batu menuju Masjid An-NUUR untuk sholat ashar berjamaah sekaligus memberikan 100 buku Al-Qur'an kepada Masjid An-NUUR.
Setelah kami sampai di Lapangan Gelora Arjuno, kami melakukan sholat Maghrib dan Isya di Lapangan Gelora Arjuno... Di rumput hijau...
Dilanjutkan dengan Makan bersama dari SMK PGRI 3 Malang.

Eits, tidak hanya berakhir disitu...
Skariga mengadakan Pesta kreatif yaitu penampilan dari beberapa Band dan Band sekolah, pengenalan ekskul serta di isi dengan penampilan dari siswa KCS. Penampilan dari siswa KCS pun bermacam macam mulai dari Qasidah, gitar Akustik, menyanyi, sampai dengan Stand Up Comedy.
Acara terakhir diisi dengan menonton dokumentasi yang dilakukan oleh Siswa Multimedia PGRI 3 yang menurut gue videonya sangat mantab djiwa.
Pada saat Pesta Kreatif berakhir tepatnya pada pukul 00:00 ada pesta kembang api sebagai tanda diterimanya kami, siswa KCS, diterima sebagai siswa SMK PGRI 3 Malang...

Dengan menggunakan Tenda yang telah disediakan, kami pun beristirahat.
Pada jam 4 Pagi, kami bangun untuk melakukan sholat subuh di Lapangan dan beberapa Ceramah dari Ustadz Abdul Kholiq.
Setelah menyentuh pagi, saatnya pembagian penghargaan untuk siswa KCS, kelompok paling kompak, dan siswa terfavorit.
Setelah itu pembagian jadwal pelajaran, kelas, wali, dan diakhiri dengan upacara penutupan / Sayonara...

3 comments:

Powered by Blogger.