Adsense Banner

Cara memasang template pada blogger

Blogger atau blogspot adalah website yang terbuat dari bentuk kode yang bernama HTML.

Dikutip dari laman wikipedia, HTML atau Hyper Text Markup Language adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML.



Banyak website yang menyediakan template gratis maupun berbayar, tapi saya hanya akan menunjukan 1 website yang bernama BTemplates.
BTemplates adalah salah satu dari banyak website yang menyediakan template blogger yang tidak berbayar alias gratis. Salah satu contoh dari template dari BTemplates adalah yang sedang kamu lihat ini.

Cara memasang template sangatlah gampang, pertama pergi ke BTemplates, lalu pilih & unduh template yang kamu ingin pakai di blog kamu. Setelah itu, kamu hanya tinggal copy sana paste sini, mudah bukan?

agar lebih jelasnya, ekstrak berkas yang sudah kamu unduh tadi di tempat yang mudah dicari. didalam berkas itu ada dokumen yang berformat ".xml".
Dikutip dari laman wikipedia, XML (Extensible Markup Language) adalah bahasa markup untuk keperluan umum yang disarankan oleh W3C untuk membuat dokumen markup keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam. XML merupakan kelanjutan dari HTML yang merupakan bahasa standar untuk melacak Internet.

Jika kamu membuka dokumen itu, kamu akan membuka sebuah browser. Browser itu akan menunjukan bagaimana template itu terlihat di browser. Yang ingin kamu lakukan adalah menyalin kode HTML yang ada dalam dokumen itu, dengan cara klik kanan, Open With, Lalu pilih aplikasi untuk pengolah kata misalnya Notepad. Setelah notepad terbuka, akan ada tulisan yang mungkin sebagian besar kamu tidak ketahui. Ya, itulah kode HTML!

Kamu harus menyalin semua kode HTML tersebut sampai tidak ada yang tersisa, setelah itu kamu ingin membuka browser kamu lalu pergi ke dashboard blogger. Lalu pergi ke menu template lalu klik "Edit HTML". Pastikan kamu menghapus semua kode HTML sebelumnya sebelum menyisipkannya terlebih dahulu. Lalu pastikan kamu klik "simpan template" diatas box HTML. Jika kamu ingin meninjaunya terlebih dahulu klik "Tinjau template". Mudah bukan? Sekarang carilah template yang sesuai dengan kata hatimu.


× Info! Cara saya yang satu ini sangat berguna bagi kalian yang terlalu banyak memasang widget dan tidak mau capek capek untuk menghapus satu persatu. Cara ini juga sangat bermanfaat jika kamu mengganti template dari pembuat yang berbeda.

No comments

Powered by Blogger.