Adsense Banner

Cara meningkatkan pageviews setiap harinya

Pageviews adalah hal terpenting kedua dalam suatu blog setelah backlink.
Pageviews adalah angka yang menunjukkan berapa banyak post / artikel anda dilihat oleh pengguna internet lainnya.
Pageviews juga berpotensi untuk meningkatkan page rank dalam suatu blog sama halnya dengan backlink.

Walaupun sudah banyak blog yang membahas cara meningkatkan Pageviews, tidak ada salahnya jika Gue membuat versi Gue sendiri

Cara meningkatkan Pageviews ada 2 cara; Cara Eksternal dan Internal

Sumber : poncotempo.com


Cara Eksternal

Eksternal adalah hal yang dilakukan off page atau diluar blog


SEO

Search engine optimization atau yang biasa disingkat dengan SEO ini berperan penting didalam pageviews suatu blog.
SEO merupakan optimisasi pagerank suatu blog agar muncul di halaman pertama SERP (Search engine result page). Semakin tinggi pagerank anda, semakin awal anda muncul di halaman pencarian dan semakin banyak juga pengunjung yang mengunjungi blog anda.

Blogwalking

Blogwalking atau dalam bahasa indonesianya adalah Blog berjalan.
Blogwalking dilakukan dengan cara mengunjungi blog yang dimiliki oleh orang lain, lalu meninggalkan jejak (komentar) di blog tersebut. Jika jejak yang anda tinggalkan menarik, maka pengunjung yang mengunjungi blog orang tersebut akan mengunjungi blog anda, Apalagi blog yang memiliki tingkat popularitas tinggi atau terkenal.

Social Media

Social media bisa berpengaruh besar terhadap perkembangan blog anda.
Anda bisa share blog anda kepada teman atau blogger lain melalui social media. Yang paling ampuh adalah kalian bisa masuk kedalam grup Blogger lalu melakukan blogwalking kepada blogger lain didalam grup tersebut. Banyak orang meminta untuk meninggalkan jejak di blog mereka dan mereka akan melakukan hal yang sama di blog anda.

Hubungan timbal balik ini sangatlah berguna bagi para blogger yang blognya belum terkenal.

Aktif di forum

Aktif di forum sama halnya seperti sharing di social media tetapi lebih menguntungkan terutama bila thread yang anda post menjadi trending topic di forum tersebut maka semakin banyak pula yang akan mengunjungi blog anda.

Beriklan

Beriklan dapat meningkatkan viewpage anda dengan cepat, tapi yang satu ini membutuhkan biaya yang terbilang besar. Beriklan ada berbagai macam, bisa dalam bentuk review, banner, logo, kerja sama, dll. Iklan ini akan sangat efektif bila anda beriklan di website / blog yang memiliki tingkat pengunjung yang relatif tinggi.

Cara Internal

Cara internal ini adalah kebalikan dari cara eksternal di atas. Atau dilakukan di onpage atau didalam blog.

Pilihlah template SEO Friendly

yang dimaksud template SEO Friendly adalah template yang disukai oleh mesin pencari. template yang disukai oleh mesin pencari adalah template yang memiliki waktu loading cepat. Semakin template kamu disukai oleh mesin pencari, maka semakin besar kemungkinan blog anda muncul di halaman pertama mesin pencari.

Pilihlah template responsive

Siapa sih yang gak punya smartphone dijaman sekarang? Smartphone dijaman sekarang sudah seperti hal yang wajib dimiliki oleh semua kalangan termasuk anak muda. Terus apa hubungannya template responsive dengan smartphone ini? Template responsive adalah template yang dapat menyesuaikan ukuran templatenya sesuai dengan layar pengunjung. Misalnya template yang anda miliki memiliki ukuran khusus PC, maka jika dibuka melalui smartphone anda perlu mencubit (Zoom out) layar smartphone anda. Karena keuntungan template responsive ini, banyak pengguna smartphone yang akan mengunjungi blog anda karena telah terbilang (Mobile-Friendly) oleh mesin pencari.

Kalian bisa cek blog kalian apakah sudah mobile-friendly atau belum Disini

Buatlah judul semenarik mungkin

Judul adalah hal yang pasti dibaca oleh pengunjung sebelum melihat postingan anda. Maka dari itu, buatlah judul yang semenarik mungkin agar pengunjung tertarik untuk mengunjungi postingan anda. Tetapi ingat, buatlah judul yang memiliki sangkut paut dengan artikel yang ditulis karena akan disukai oleh mesin pencari dan juga pembaca.

Buatlah artikel yang relevan

Artikel yang relevan artinya artikel yang akan berguna setiap saat. Contoh artikel relevan adalah artikel Tips & Trick, Tutorial. Contoh artikel yang tidak relevan adalah Batu akik, Pokemon Go, dll; Karena suatu saat artikel yang memiliki topik itu akan tidak dicari lagi.


Buatlah postingan yang berkesinambungan

Postingan yang berkesinambungan adalah postingan yang memiliki ikatan atau topik yang sama dengan postingan lainnya. Contohnya adalah cara meningkatkan pageviews pada blog, cara optimasi blog, cara agar blog terkenal. Jika pengunjung berkunjung ke salah satu blog anda, maka kemungkinan besar pengunjung juga akan mengunjungi postingan anda yang lainnya karena memiliki topik yang sama yaitu mengembangkan blog.

Buatlah widget popular post dan random post

kedua widget ini sangatlah berguna untuk meningkatkan pageviews anda. Widget ini sangat berguna apalagi kepada blog yang memiliki artikel banyak, tentu pengunjung mana yang mau meng-klik satu persatu halaman postingan anda.

Buatlah navigasi senyaman mungkin

navigasi adalah pengarah kepada postingan anda yang lainnya. Navigasi di blog antara lain label, tags, mesin pencarian, arsip, dan sitemap. Jika navigasi di blog kamu nyaman dilihat dan dibuka, maka pengunjung akan melihat semua postingan yang ada di blog kalian. Buatlah navigasi sesederhana mungkin karena akan disukai oleh mesin pencari.

Buatlah artikel serapi mungkin

Jika artikel yang kalian tulis rapi, maka kemungkinan besar pengunjung akan menyukai blog anda lalu akan melihat keseluruhan blog anda. Kerapian dalam artikel dapat berupa heading, subheading, minorheading, bold, italic, Underline, gambar, ataupun strikethrough.

2 comments:

  1. makasih kak sangat berguna buat jualan saya www.vnfclothing.com terus mau nanyain page rank kak, mohon penjelasannya, saya masih pemula soalnya :D

    ReplyDelete
  2. thx gan infonya sangat bermanfaat bagi ane buat naikin traffic jualan ane www.gudangcombed.com

    ReplyDelete

Powered by Blogger.