Adsense Banner

Kuantitas atau Kualitas?


Banyak blog memiliki postingan yang banyak, ada juga yang memiliki postingan sedikit tetapi membahas secara lengkap topiknya.
Nah, disini kita pasti bertanya-tanya, manakah yang lebih bagus? Apakah itu kuantitas atau kualitas?
Saya akan membahas setidaknya sebagian besar Pro dan Kontra dari kedua aspek diatas.

Blog Kuantitas

Blog yang mementingkan aspek kuantitas adalah blog yang selalu mengeluarkan postingan entah setiap minggu ataupun setiap hari secara konsisten.

Blog yang memiliki jumlah postingan banyak juga pasti akan berisi banyak keyword yang pasti sangat berpengaruh sehingga memudahkan kita untuk muncul dihalaman pertama dalam SERP. Walaupun begitu, jika keyword yang dituju terlalu banyak saingan, halaman utama SERP tidak akan semudah memiliki banyak keyword.

Tetapi jika keyword yang dituju sedikit persaingan, dipastikan pageviews / traffic kamu akan meningkat secara signifikan dan relevan. Jika postingan kamu memiliki topik yang tidak relevan atau topik yang trending seperti berita, pageviews kamu akan menurun sewaktu-waktu jika tidak lagi trending topic.

Yang susah dari blog kuantitas adalah mengejar angka postingan. Apalagi jika sudah deadline pasti kita akan susah untuk berkonsentrasi dalam menulis artikel sehingga isi postingan terkadang berantakan. Jangan khawatir, kalian bisa memperbaikinya jika ada waktu luang.


Blog Kualitas

Blog yang mementingkan aspek kualitas adalah blog yang menitik beratkan postingan kepada konten yang bermanfaat.

Blog yang berkualitas biasanya akan memiliki isi yang bermanfaat pula. Blog yang bermanfaat pasti akan dicari banyak orang dan juga sesuatu yang bermanfaat pasti akan selalu dibutuhkan sehingga blog yang berkualitas terkadang memiliki jumlah pageviews yang stabil. Tetapi menulis blog yang bermanfaat sangatlah susah dan memakan waktu, sehingga beberapa pembaca akan pergi / mencari blog berkualitas lainnya.

Blog berkualitas sangatlah ditunggu oleh para pengguna internet. Oleh sebab pembaca setidaknya akan menge-cek secara rutin blog kamu sehingga pageviews kamu akan meningkat. Bayangkan jika banyak pembaca yang menyukai blog kamu, setiap hari kamu akan mendapat pageviews dengan angka tetap.

Orang Indonesia dikenal dengan keramahannya, apalagi jika sesuatu yang bermanfaat pasti akan disebar luaskan. Maksud saya adalah, blog yang bermanfaat pasti beberapa dari pembaca tidak akan sungkan untuk membagikan postingan kamu.



Overall

Dari beberapa pro dan kontra yang saya bahas di atas, bisa disimpulkan bahwa blog yang cenderung fokus kepada kuantitas adalah orang yang rajin, atau memang memiliki banyak author (penulis) dan cara cepat menghasilkan uang karena dibarengi dengan pemikiran yang keras. Sedangkan dengan blog yang fokus kepada kualitas adalah blog yang memiliki tingkat kesabaran tinggi untuk membuat sesuatu yang bermanfaat. Walaupun lama, tetapi uang yang dihasilkan dalam blog kualitas dapat selalu ada perbulannya walaupun tidak post selama beberapa minggu ataupun bulan jika sudah mengiklan.

Blog kuantitas memerlukan kerja keras dan ketekunan yang tinggi agar hasil yang maksimal; Sedangkan
Blog kualitas hanya memerlukan kesabaran dan konsentrasi dalam menulis artikel agar hasil yang ditulis sangat bermanfaat.

Jika kalian orang yang tidak sibuk dan juga selalu muncul ide ide dikepala, fokus kepada kuantitas sangat direkomendasikan tetapi jangan terlalu memaksakan diri kepada angka postingan karena jika disaat kalian sedang tidak mood untuk menulis artikel, artikel yang dihasilkan pun tidak akan memuaskan.

Berbeda dengan blog kualitas. Ini juga sangat direkomendasikan untuk para pekerja / anak muda yang ingin menghasilkan uang sampingan diantara sela sela pekerjaan. Dan mengekspresikan diri agar tidak terlalu stress saat bekerja.

× Info! Hendaknya mengetik blog disaat tidak ada pekerjaan berat

1 comment:

Powered by Blogger.